HeadlineInfo Pimpinan

Haul Ke-19 Syech Muhammad Isya Sitorus, Edy Rahmayadi: Beliau Sangat Gigih Siarkan Agama Islam

INFOSUMUT.ID – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri acara Haul atau peringatan hari wafat ke-19 Allahyarham Syech H Muhammad Isya Sitorus Al-Kholidi Naqsyabandi di Rumah Suluk Babusalam,  Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai, Kamis (23/6).

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan kekagumannya terhadap kegigihan Allahyarham Syech Muhammad Isya Sitorus, dalam berjuang dan menyiar Islam, hingga mendirikan Rumah Suluk Babusalam.

“Tuan Syech Isya Sitorus berjuang dengan kegigihan dan semangat, dan tanpa bantuan teknologi yang mumpuni pada saat itu untuk menyiarkan agama Islam, dan berkat perjuangan Beliau kita dapat merasakan nikmat dari perjuangan beliau saat ini,” ucap Edy Rahmayadi.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai Waris Thalib, Wakajati Sumut Edward Kaban, Dansat Brimob Sumut Kombes Pol Christiyanto Goetomo, para Tuan Guru, OPD terkiat, para santri dan jemaah Babusalam.

Edy Rahmayadi menyampaikan, saat masih bertugas di TNI berpangkat Mayor, ia pernah bersilaturhami dengan Syech Muhammad Isya Sitorus dan mengenang semangat beliau yang menyebarkan agama Islam, serta mendirikan pesantren tersebut.

Tuan Guru Sitorus mewakili keluarga Allahyarham Syech H Muhammad Isya Sitorus Al-Kholidi Naqsyabandi menyampaikan, kegiatan ini untuk mengenang kegigihan Syeckh Muhammad Isya Sitorus yang tepat pada 19 tahun yang lalu untuk mensyiarkan Islam. Beliau termasuk orang yang gigih dalam mensyiarkan agama Islam.

“Pada tahun 2003 beliau dipanggil oleh Allah kembali kepada-Nya, namun semangat syiar beliau bisa kita lanjutkan dan dirasakan oleh para jemaah sampai saat ini,” ujarnya.

Acara ini diisi dengan doa dan selawat bersama yang kemudian menandatangani prasasti yang dilakukan oleh Gubernur Edy Rahmayadi serta Forkopimda.** (H14/DISKOMINFO SUMUT)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button